Monday, June 10, 2013

Flooding

Dalam perbincangan mengenai masalah – masalah yang sering terdapat di dalam jaringan, kita mungkin pernah mendengar istilah flooding. Memang kata itu cukup membuat kita kesal apabila kita yang mengalaminya.

Apakah flooding itu?,
Flooding dalam lingkup jaringan Komputer adalah sebuah situasi dimana terdapat ip yang membuat jalur bandwidth yang kita miliki terbanjiri atau penuh sehingga proses pengiriman field atau data menjadi sangat terganggu dan sering kita bilang dengan “Lemot”. Ketika kita berinternet,, internet yang kita akses akan sangat terasa lambatnya dan membuat kita seringkali kesal. koneksipun sering putus-putus dan bahkan time out (putus sama sekali).


Biasanya untuk melihat apakah kita mendapati masalah flooding itu sedang terjadi pada jaringan kita atau tidak. Cara tersimple adalah dengan melihat Led pada Ethernet port yang terdapat pada PC/Hub/Router yang kita miliki. apabila setelah di sambungkan dengan kabel Led tersebut menyala-redup (nge-blink) dengan cepat, besar kemungkinan memang sedang terdapat flooding pada koneksi di port tersebut. Solusi untuk lebih meyakinkan, apakah sumber flooding dari port tersebut atau bukan, kita buka MRTG (grafik traffic bandwidth), kita lihat traffic pada jaringan yang kita miliki. setelah termonitoring , kita coba lepas / cabut RJ45 pada port yang sebelumnya kita curigai terjangkit flooding. Sambil kita lihat pada MRTG, apabila setelah di cabut kondisi bandwidth pada jaringah kita normal kembali, berarti mamang sumber flooding dari port tersebut.
Share This
Previous Post
Next Post

Saya Seorang yang Gemar dalam bidang teknologi, Saya fokus pada ilmu jaringan komputer,Sedang mendalamin ilmu programing, Salam kenal dari saya semoga tulisan yang ada di blog ini dapat meringankan ingatan anda...mksh.